Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Aksi Bergizi

Pada tanggal 7 Agustus 2024 Dinas Kesehatan kab Bondowoso melakukan kegiatan monev Aksi Bergizi di wilayah kerja UPTD Puskesmas Nangkaan. Tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso yaitu Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Masyarakat. Tim Dinas Kesehatan didampingi oleh UPTD Puskesmas Nangkaan  diantaranya  Penanggung Jawab Program Anak usia sekolah dan remaja, Nutrisionist, Promkes dan Petugas wilayah Desa Pancoran dan Kelurahan Badean.
Monev Aksi Bergizi merupakan kegiatan monitoring dan evaluasi kegiatan Aksi Bergizi di Sekolah. Aksi Bergizi merupakan upaya membudayakan kebiasaan sehat bagi siswa supaya menggemari aktifitas fisik, juga membiasakan konsumsi makanan bergizi. Adapun tujuan dari kegiatan Aksi  Bergizi untuk membentuk dan meningkatkan kesadaran dalam membiasakan konsumsi TTD ( Tablet Tambah Darah), makan makanan dengan menu gizi seimbang dan aktifitas fisik.
Pada monev tahun ini yang dikunjungi adalah SMKN 4 Bondowoso dan SMPK Indra Prastha Bondowoso. SMKN 4 Bondowoso pada tahun lalu telah dimonev oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso. Sekolah ini dikunjungi kembali pada tahun ini untuk melihat perkembangan dan tindak lanjut sekolah berdasarkan hasil monev tahun yang lalu.
Di SMKN 4 Bondowoso kami di terima oleh pihak guru serta siswa/i yang merupakan Duta gizi & olah raga, Duta anti bullying dan Duta literasi. Kami menanyakan kepada pihak sekolah dan siswi terkait kegiatan Aksi Bergizi yang dilakukan di sekolah. Kegiatan Aksi Bergizi di SMKN 4  Bondowoso dilakukan pada hari Jumat, mencakup  jumat bersih ( kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah bersama-sama), olah raga bersama, sarapan bersama dan Minum Tablet Tambah Darah secara bersama – sama. Selain itu juga dilakukan monitoring ke UKS dan kantin sekolah. Setelah itu dilakukan evaluasi kepada pihak sekolah dengan memberikan saran perbaikan serta apresiasi atas upaya perbaikan yang telah dilakukan.
Monev dilanjutkan ke sekolah selanjutnya yakni di SMPK Indra Prastha. Di SMPK kami disambut oleh Kepala Sekolah, dan Penanggung jawan UKS di sekolah tersebut. Aksi bergizi di sekolah ini dilakukan setiap hari Sabtu meliputi  kegiatan bersih – bersih,  olah raga bersama, sarapan bersama dan minum Tablet Tambah Darah secara bersama – sama. dilanjutkan dengan kegiatan monev Aksi Bergizi dengan melihat sarana dan prasarana UKS meliputi kelengkapan dan kualitas antropometri. Kemudian dilanjutkan dengan melihat kantin sekolah meliputi pengecekan makanan dan minuman yang di berada di kantin serta memberikan masukan dan saran terkait perbaikan yang harus dilakukan oleh koordiantor kantin sekolah tersebut. Kegiatan di akhiri dengan penyuluhan tentang gizi pada remaja oleh Nutrisionist Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso ( Avifah Amin Alkaff, S.Gz.). Kegiatan ditutup dengan penyampaian  evaluasi dan saran bagi pihak sekolah terkait Aksi Bergizi,UKS dan Kantin sekolah. 
Dengan kegiatan ini harapannya sekolah dapat tetap menerapkan kegiatan Aksi Bergizi secara berkelanjutan dan dapat menjadikan percontohan untuk sekolah yang lain, demi membangun generasi remaja yang sehat dan berkualitas. 

 

Share Berita Ini