Kegiatan Bersama Lansia Desa Sukowiryo dalam rangka Hari Lansia ke 28

 

Dalam rangka memperingati Hari Lansia Nasional tanggal 29 Mei Tahun 2024 yang ke-28, UPTD Puskesmas Nangkaan bersama lintas sektor Kades Sukowiryo, Ketua TP PKK,Babinsa Sukowiryo, Babinkamtibmas Sukowiryo secara bersama - sama mengajak Lansia yang berada di Desa Sukowiryo untuk menyambut dan memeriahkan. Adapun kegiatan yang dilakukan diantaranya sebagai berikut:
1. Senam Lansia 

Semua lansia yang hadir di ajak untuk mengikuti Senam lansia selama 30 menit, dengan harapan agar dapat meningkatkan kerja jantung, sehingga orang yang lansia bisa memiliki peredaran darah yang baik.
2. Penyuluhan Germas
Dengan penyuluhan tersebut harapannya semua lansia dapat mendukung dan melakukan kebiasaan - kebiasaan hidup sehat diantaranya Aktifitas fisik, Makan sayur dan Buah serta Cek kesehatan secara berkala. Dengan germas para lansia bisa menjadi lebih sehat dan status kesehatannya lebih terpantau.
3. Kegiatan pemeriksaan dan pengobatan 
Kegiatan ini sama seperti Kegiatan pada posyandu lansia. Kegiatan tersebut meliputi pengukuran Berat Badan, pengukuran tinggi badan, pengukuran lingkar perut, pengukuran tekanan darah, cek gula darah dan pengobatan bagi lansia yang membutuhkan pengobatan.
4. Makan sehat bersama
Para lansia juga di ajak untuk makan bersama dengan menu yang sehat dan seimbang. Ragam sayur dan buah yang wajib ada di piring sehingga para lansia menjadi lebih sehat dan produktif. 
5. Pembagian doorpice
Sebelum pulang para lansia mendapatkan beberapa doorprice agar merasa senang dan semangat lagi untuk rutin hadir ke Posyandu setiap bulan. Walaupun isi doorprice tidak mewah tetapi para lansia merasa senang dan bahagia karena seperti mendapatkan sebuah kado yang terkadang sudah jarang mereka dapatkan di usia yang sudah senja.

Serangkaian kegiatan tersebut dilakukan bersama - sama dengan lintas sektor agar terjalin ikatan erat antara Puskesmas,  Lintas sektor dan masyarakat dengan harapan terjalin silaturahmi yang baik dan juga semua program apapun akan terasa lebih ringan dan dapat mencapai tujuan yang lebih maksimal jika dilakukan secara bersama - sama dari semua pihak yang ada.

Selamat Hari Lansia yang Ke 28.. Lansia Terawat Indonesia Bermartabat 👍🏻

Share Berita Ini